iklan banner

Warga Keluhkan Galian Viber Optik, PDAM Dirugikan Jutaan Rupiah

HARIANBUMIAYU.COM,Bumiayu, Penggalian pipa PDAM rugikan jutaan rupiah, hal tersebut dikeluhkan oleh sejumlah konsumen PDAM lantaran jaringan pipa air milik  PDAM  sering mengalami kebocoran selama proses penggalian disepanjang jalan nasional ruas Bumiayu-Purwokerto.

Kepala unit PDAM Bumiayu Anis Syafudin mengatakan bahwa “hingga saat ini sudah 5 titik yang sudah kami perbaiki, selama proses penggalian tidak ada koordinasi terlebih dahulu dengan kami sehingga tinggkat kebocoran yang terjadi tidak terlalu banyak”.

“ Karena tidak adanya koordinasi tersebut ujung-ujungnya kami yang sering di komplen oleh pelanggan “Tutur Anis.

“Tingkat kerusakan pada pipa tidak sama, tergantung dari tingkat kebocoran jaringan pipa itu sendiri. Setiap pipanya menghabiskan biaya antara Rp.100 – 300 ribu. Saya sangat berharap pada pihak yang mengerjakan galian tersebut, agar mengkoordinasikan terlebih dahulu sebelum mengerjakan, sehingga tingkat kebocoran yang terjadi tidak terlalu banyak” Terang Anis.
Hal yang sama juga dikeluhkan oleh Yudi Setiawan Kepala PDAM unit Paguyangan, selama adanya penggalian viber optick Bahwa pihaknya telah melakukan perbaikan jaringan sebanyak lebih dari puluhan titik. Titik kerusakan tersebar sepanjang jalan Pagojengan – Paguyangan.

Sudah puluhan titik sepanjang jalan Pagojengan-Paguyangan yang mengalami kerusakan.
 “Jika Kami hitung lebih dari puluhan titik kebocoran yang kami perbaiki selama ini dan belum yang nanti akan dikerjakan,”Jelasnya.

Camat Bumiayu Urip Rosidiq menyatakan Ijin penggalian kabel viber optick itu memang dikeluarkan oleh provinsi, namun pada prosesnya kecamatan sering dilewati, sehingga manakala ada keluhan seperti ini pihaknya tidak bisa berkomentar banyak.

“Sudah banyak masyarakat yang mengeluhkan hal tersebut, namun karena tidak adanya koordinasi dari pihak penggarap sehingga kami tidak bisa memberikan jawaban “terang Urip.
“Menurut Urip yang menjadi masalah lagi yakni bekas galian tersebut biasanya hanya diurug tanah sedapatnya saja dan kerap menyebabkan faktor kecelakaan dijalan raya. Oleh karena itu sudah selayaknya ada space khusus seperti dikota besar untuk pemasangan kabel maupun jaringan apapun, sehingga tidak mengganggu kondisi jalan raya.

“Jika ada space khusus maka pemasangan kabel ataupun jaringan lainnya tidak akan mengganggu,” pungkas Urip.(H09/Yoga)