Aplikasi pengelolaan Arsip Pemerintahan Desa/ Kelurahan ini merupakan aplikasi yang dibangun untuk mempermudah dalam penyelenggaraan pemerintahan desa ataupun kelurahan dalam mengelola arsip / dokumen dokumen penting yang berkenaan dengan kebijakan dan penyelenggaraan pemerintah desa. Selain itu juga untuk memperoleh dokumen atau arsip yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintah desa atau kelurahan dapat diperoleh secara mudah.
Aplikasi ini dibangun dengan prinsip kemudahan dalam penggunaan (user friendliness) namun tetap mempertahankan prinsip-prinsip dan fungsionalitas pengelolaan arsip sesuai dengan aturan yang berlaku. Aplikasi ini memiliki dua fitur utama, yakni :
- Modul Informasi Desa; dan
- Modul Pengelolaan Arsip.
Modul Informasi Desa merupakan modul yang dapat membantu pengguna dalam memperoleh informasi ataupun data yang berkaitan dengan desa atau kelurahan yang bersangkutan secara cepat. Informasi ataupun data yang disajikan pada dasarnya bersumber dari arsip yang dikelola oleh pemerintah desa ataupun kelurahan yang bersangkutan.
Modul Pengelolaan Arsip merupakan modul yang dapat digunakan untuk mengelola arsip-arsip yang diciptakan ataupun disimpan oleh pemerintah desa ataupun kelurahan yang bersangkutan. Beberapa fungsi yang terdapat dalam modul ini meliputi:
1. Registrasi
Pencatatan Surat Masuk
Pencatatan Surat Keluar
Pencatatan Naskah Lainnya
2.Pemberkasan dan Pengklarifikasian arsip dan penetapan retensi penggunaan
Pencarian
Peminjaman dan Pengembalian
Pembuatan Laporan
Untuk mendapatkan Aplikasi ini silahkan Download di Aplikasi Pengelolaan Arsip ANRI