iklan banner

Sikap Pemda Brebes, Kurang Respon Terhadap Hasil Temuan Purbakala

HARIANBUMIAYU.COM,-Bumiayu, Ribuan fosil vertebrata ditemukan di wilayah Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Hal ini menarik perhatian sejumlah ahli kepurbakalaan.Namun sangat disayangkan daripihak Pemda hingga saat ini belum ada respon terhadap penemuan situs purbakala ini.

H.Rizal Rafli merupakan Kordinator Tim Buton mengatakan "Sudah banyak yang datang untuk melihat fosil fosil yang telah kami temukan diantaranya dari Balai Arkeologi Yogyakarta, Dari kalangan perguruan tinggi juga sudah memberikan perhatian dan sudah dipresentasikan di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta, Dalam Waktu dekat ini juga dari Universitas Padjajaran (Unpad) akan datang "jelasnya.Jum'at (20/05).

Sebelumnya Drs.Gunardi MHum dari Balai Arkeologi Yogyakarta mengatakan bahwa fosil fosil ini merupakan peninggalan purbakala yang usianya sekitar 900 ribu tahun hingga 1,1 Juta tahun, seharusnya dilestarikan untuk cagar budaya dan pengembangan dalam dunia pendidikan nantinya.

Berdasarkan literatur geologi hewan vertebrata seperti gajah itu sudah ditemukan pada tahun 1920-an. hasil temuan temuan tersebut tersimpan di Musium Geologi Bandung.

Wahyu Widiyano dari Tim Arkeologi Sangiran Seragen baru saja datang dan mengatakan bahwa dirinya sangat mengagumi atas temuan temuan tersebut, selain itu juga Wahyu sngat mendukung untuk mengembangkan karena memiliki nilai sejarah kepurbakalaan yang tentu saja tak bisa dirupiahkan "tutur Rizal.

Yang kami sayangkan hingga saat ini belum ada respon dari pihak pemerintah daerah, padahal sudah berkali kali kami sampaikan namun hingga hari ini pihak pemda masih belum ada respon."Jelas Rizal.(H01/Yusfi)