iklan banner

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 06 Juni 2016


HARIANBUMIAYU.COM, Jakarta,- Kementrian Agama Republik Indonesia memutuskan awal Ramadhan 1437 H jatuh pada hari Senin 06 Juni 2016. Hal tersebut atas dasar kesepakatan kedua ormas Islam terbesar di Indonesia. 

Penetapan awal puasa ini diputuskan dalam sidang Isbat di kantor Kementerian Agama, Minggu petang (17/06), yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Berdasarkan hasil kesepakatan Nahdatul Ulama dan Muhamadiyah bahwa 1 Ramadhan jatuh pada hari Senin,06 Juni 2016.

Dalam penetapan awal puasa NU dan Muhammadiyah menggunakan  2 metode yaitu metode hisab dan rukyat, bahwasanya kedua metode ini digunakan untuk saling melengkapi dan menyempurnakan satu sama lain “Ujar Lukman Hakim dalam siaran persnya Minggu (05/06).

Selaku Ketua Majelis Ulama Indonesia Ma’ruf Amin mengatakan bahwa “ Saya sangat bersyukur ditahun ini tidak ada perbedaan antara NU dan Muhammadiyah didalam menentukan hari pertama Ramadhan.

“Saya sangat berharap nantinya pelaksanaan hari raya Idul Fitri secara bersama sehingga kita umat Islam tidak disibukan dengan adanya perbedaan”Jelasnya.
Pimpinan Muhammadiyah sebelumnya sudah memutuskan bahwa awal Ramadhan jatuh pada hari Senin,06 Juni 2016, yaitu dengan menggunakan metode hisab (perhitungan, tanpa benar benar mengamati hilal”Tambahnya.(H01/Yusfi).