iklan banner

Luapan Air Di Sertai Lumpur Genangi Pemukiman Warga Desa Adisana

(harianbumiayu.com) Bumiayu,  Meluapnya Kali Keruh di  kecamatan Bumiayu, kabupaten Brebes ,Jawa Tengah ,Sabtu malam ,(18/06).

Munjib salah satu warga desa Adisana  menuturkan “bahwa hujan terjadi sejak pukul 09.00 Wib hingga  malam hari  sehingga mengakibatkan sehingga debit sungai meluap hingga menggenangi  jalan raya Adisana yang menghubungkan ke desa Cilibur, kecamatan Paguyangan, dan desa Plompong kecamatan Sirampog dengan ketinggian air sekitar 15 cm “

“Banjir kali ini lebih parah dibandingkan dengan tahun sebelumnya, Luapan air disertai dengan lumpur tersebut  menggenangi sekitar 9 RT  di desa Adisana, dan sekitar 10 hektar sawah siap panen rusak, saluran irigasi sepanjang 2 km dan pipa PDAM juga mengalami kerusakan “ Tutur  Munjib.

“ Untuk sementara ini jalur yang menghubungkan kedua desa yaitu desa Cilibur, Kecamatan Paguyangan dan desa Plompong kecamatan Sirampog untuk sementara ini dialihkan “ Tambahnya.

“Upaya normalisasi sungai sebelumnya sudah dilakukan oleh pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Brebes di desa Penggarutan dengan harapan banjir tidak terulang kembali, namun hal tersebut  dikarenakan faktor alam. (H02/Wawan).