iklan banner

Tingginya Angka Kematian Ibu Dan Bayi , Butuh Perhatian Bidan Desa

(harianbumiayu.com) Bumiayu, Tingginya Angka Kematian Ibu (Aki) dan Kematian Bayi (AKB) di wilayah Kabupaten Brebes menjadi fokus perhatian komisi IV DPRD Brebes.


Komisi IV DPRD Kabupaten Brebes yang membidangi kesehatan menjadi tergerak untuk mencari solusi dalam persoalan ini “Ungkap Tri Murdiningsih, Dalam kunjungan resenya di daerah pemilihannya di Bumiayu, Minggu (15/05).

 “Kepada para Bidan desa agar lebih memperhatikan para ibu yang memiliki SDM rendah. Mereka sangat memerlukan perhatian lebih disaat kehamilan. Hal ini agar menghindari terjadinya kematian ibu dan bayi.”Tegas Tri.

“Untuk meminimalisir angka kematian Ibu dan Bayi merupakan tugas dan tanggungjawab para bidan desa.Dengan adanya upaya pencerahaan dan pembinaan kepada masyarakat terutama pra ibu hamil saya yakin angka kematian bisa ditanggulangi”tambahnya.

Tri Murdiningsih berharap kepada masyarakat kabupaten Brebes, agar bisa memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada. Baik fasilitas kesehatan setingkat polindes, puskesmas hingga RSUD agar lebih dimanfaatkan.

Apalagi dengan adanya ambulan gratis yang disediakan oleh pemkab Brebes sehingga dengan adanya pemanfaatan sarana kesehatan maka akan mampu menekan AKI/AKB dikabupaten Brebes,” ungkap Tri.(H09/Yoga).