iklan banner

Terkait Dana Desa Kades Baru Agar Mempelajari Aturan Yang Ada

(harianbumiayu.com),Bumiayu,-Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti SE melantik 16 calon Kepala Desa (Kades) terpilih hasil pemilihan kepala Desa (Pilkades) Serentak tahap III pada April 2016 lalu.

Pelantikan 16 Kades terpilih untuk wilayah Selatan yang meliputi Kecamatan Bumiayu, Sirampog, Tonjong, Paguyangan, Bantarkawung dan Salem itu digelar di Lapangan Asri Kecamatan Bumiayu, Kamis (12/05) Kemarin.

Para Kades yang dilantik yakni, dari Kecamatan Tonjong, Bustomi sebagai Kades Tanggeran, untuk Kecamatan Bumiayu Casman sebagai Kades Kaliwadas, Komarudin Kades Adisana dan Waad Kades Penggarutan. Untuk Kecamatan Sirampog, Mukhlisin Kades Buniwah, Ali Murtadlo Kades Mendala dan Wahyudiharjo Kades Igirklanceng.

Kecamatan Paguyangan, Tohimin sebagai Kades Cilibur. Kecamatan Bantarkawung, Nurhadi Kades Tambakserang, Rozak Kades Telaga, Wastam kades Waru, Sriwidodo Kades Pengarasan, Bahrun Kades Jipang, Fitriyani Kades Karangpari, Ruslani Kades Bantarwaru dan Kecamatan Salem, Ruswah Kades Bentarsari.

Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti SE dalam sambutannya menyampaikan, pelantikan ini bukalah akhir dari perjuangan Kades tetapi adalah  awal pengabdian untuk  enam tahun kedepan. Bupati minta Kades mencurahkan  tenaga, fikiran untuk memajukan desa dan daerah.

"Kades yang baru dilantik harus mampu bekerja dan melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugasnya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku," katanya.

Diutarakan Bupati, saat ini pemerintah desa telah diberi kewenangan untuk mengelola dana desa yang jumlahnya cukup besar, baik yang bersumber dari Pemkab maupun dari  Pemerintah Pusat. Agar dapat mengelola dana dengan baik, diminta para Kades agar senantiasa mempelajari, memahami dan berpegang teguh pada peraturan yang ada.
”Jangan sampai melanggar aturan, agar terhindar dari masalah hukum di kemudian hari,” pesan Idza.

Bupati saat disoal terkait pembiayaan pelantikan tersebut menjelaskan pembiayaan acara pelantikan 16 Kades terpilih wilayah selatan ini mendapat alokasi anggaran sebesar Rp 240 juta. Anggaran sebesar itu terbagi Rp 160 juta untuk penyelenggaraan pelantikan dan Rp 80 juta untuk pengamanan. Anggaran bersumber dari APBD Brebes dan digunakan dengan azas kewajaran, jika ada sisa anggaran dikembalikan ke kas negara.

Acara pelantikan tersebut dihadiri delain bupati, diantaranya wakil bupati Narjo, ketua DPRD Brebes  H. Illia Amin, beberapa SKPD terkait, perwakilan dari unsur Forkompinda,dan sejumlah camat di wilayah Brebes bagian Selatan serta para tamu undangan, termasuk para pendukung calon kades terpilih. berlangsung lancar dan hikmat.- (H05/Imam).