iklan banner

Bupati Brebes Ajak Walimurid Dorong Anaknya Untuk Tetap Sekolah


(harianbumiayu.com), Paguyangan, - Tanpa ada alasan  lagi  bagi masyarakat kabupaten brebes yang kurang mampu untuk  menyekolahkan anaknya melanjutkan ketingkat atas,paling tidak anak-anak mereka bisa menuntaskan hingga tamat SMA karena pemda brebes saat ini gencar-gencarnya melaksanakan peningkatan IPM wajib belajar 12 tahun dan ipm kabupaten brebes saat ini dinilai masih tertinggal jauh dengan IPM yang dimiliki masyarakat kabupaten lain yang ada di Jawa Tengah, hal ini dikatakan bupati brebes, Hj Idza priyanti se saat memberikan sosialisai Kartu Brebes Cerdas  (KBC) kepada seluruh walimurid kelas IX SMPN 01 Paguyangan Kamis  (12/05).

Hj Idza Priyanti mengajak kepada seluruh Walimurid untuk dapat mendorong dan memberikan semangqat dalam mendukung anaknya untuk bersekolah hingga tamat SMA, ajak Idza.

Upaya tersebut Pemda Brebes dengan kepemimpinan Hj. Idza Priyanti SE terus berupaya untuk mencerdaskan masyarakatnya melalui progran KBC yang merupakan peningkatan SDM bagi generasi penerus di bidang pendidikan, melalui pemberian program bea siswa atau sekolah gratis bagi para siswa kelas IX yang akan melanjutkan kelas X (dari SMP ke jenjang SMA-red).

"KBC khusus diberikan bagi para siswa yang orang tuanya tidak mampu. Baik itu untuk sekolah negeri maupun yang swasta. Dan ini sudah kami lakukan kerjasama atau MOU dengan para kepsek, baik swasta maupun negeri beberapa waktu lalu," ujarnya

Apabila, kata Idza Priyanti, ternyata dilapangan ada Kepsek yang melanggar MOU tersebut, pihaknya mengaku akan mengambil tindakan tegas, sebelum dilakukan pembinaan terlebih dahulu.

"Ya, tentu kami akan tindak tegas para Kepsek yang melanggar MOU ini, tapi akan kami lakukan pembinaan terlebih dahulu," tutur Bupati Brebes, didampingi Camat Paguyangan Akhmad Hermanto,SIP

Dia menjelaskan, program pemberian beasiswa atau sekolah gratis yang anggarannya dialokasikan sebesar Rp 18 milyar dari APBD Brebes itu, akan diterapkan pada tahun ajaran baru 2016/2017.

"Kalau program ini berhasil, kami Pemkab Brebes Insya Allah pada 2017 mendatang akan menaikan anggaran sebesar Rp 100 milyar untuk pemberian beasiswa atau sekolah gratis bagi para siswa tidak mampu ini, agar lebih adil dan merata di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Brebes. Do'akan saja yah, semoga berhasil," harapnya.- (H05/Imam).