iklan banner

Sosialisasi Pelaksanaan TMMD Dalam Upaya Peningkatan Pembangunan Desa


(harianbumiayu.com),- Paguyangan, TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke 96 sengkuyung I tahun 2016 pada awal bulan Mei mendatang akan dilaksanakan. Warga Desa Ragatunjung Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes, mendapatkan sosialisasi oleh TNI Dan Dinas terkait yang digelar di Aula Desa setempat, Rabu,( 20/4).

Kepala Desa Ragatunjung, Masduki,SE merasa berterima kasih kepada pemerintah bahwa desanya tahun ini mendapat program TMMD yang sangat membantu untuk peningkatan pembangunan didesanya, dan selain TMMD desanya telah mendapatkan sederetan bantuan program dari pemerintah daerah, propinsi dan pusat dengan toital bantuan ditahun 2016 ini total mencapai hampir 11 milyar lebih, “katanya”.

Kepala DPU dan Tata Ruang Kabupaten Brebes melalui Kabid Pengembangan insprastruktur wilayah, Apriyanto S pra pelaksanaan  TMM, mayarakat perlu untuk mendapatkan sosialisasi.

Sosialisasi ini bertujuan dalam pelaksanaannya nanti agar mereka dapat memahami dan menerima bekerjasama dengan pihak TNI untuk bersama-sama membagun fisik maupun non fisik serta insprastruktur yang dibutuhkan warga.

Diungkapkan Apriyanto bahwa program TMMD ini merupakan Sinerginitas antara Pemda, TNI dan warga masyarakat dan untuk membuka akses jalan antar perdukuhan maupun infrastruktur yang belum terkafer dan pihaknya berharap  dengan  hasil TMMD nanti dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat  setempat, ungkapnya.

Hal senada disampaikan Kodim 0713 brebes melalui Pasiter Kapten.Inf.Silahuddin mengatakan  TMMD merupakan program TNI secara Nasional yang diluncurkan pada sertiap tahun, sedangkan lokasi pelaksanaan TMMD yang dipilih oleh Kodim 0713 brebes sesuai rencana yang diajukan ke komando atas akan dilaksanakan diwilayah Kabupaten Brebes tepatnya di 2 lokasi yaitu di Desa wilayah Kecamatan Paguyangan dan desa diwilayah Kecamatan Banjarharjo.

Lebih lanjut dijelaskan persiapan TMMD Ke-96 Kodim 0713 brebes sudah mulai kelihatan warga Desa Ragatunjung yang telah membantu membersihkan jalan yang akan menjadi akses jalan pedukuhan dan menyediakan sarana bagi anggota TNI yang akan ditugaskan dalam TMMD nanti.

Adapun sasaran TMMD ke-96 Kodim brebes yang akan dikerjakan tersebut terdiri dari 4 sasaran fisik diantaranya rencana membuka akses jalan pedukuhan, sepanjang 1.473 meter dengan lebar 2 meter  talud, sepanjang 197 meter dengan ketinggian rata-rata 1 meter, satu buah  jembatan dan beberapa bangunan poskamling selain itu membangun sarana fisik maupun  non fisik lainnya, juga memberikan pelayanan pembuatan SIM, Akte lahgir serta nikah massal, ujarnya.

Ditambahkan Silahuddin, pelaksanaan TMMD akan dilaksanakan secara Nasional mulai tanggal 3 Mei s/d 2 Juni 2016, mengingat  waktu yang di yang tersedia dihadapkan dengan sasaran yang akan dibangun maka Kodim 0713 Brebes sejak April kemarin sudah mulai menggelar Pra TMMD dengan tujuan agar hasil yang dicapai nantinya “selesai tepat pada waktunya dan memiliki kualitas yang terbaik”, pungkas Silahuddin

Acara sosialisasi tersebut dihadiri perwakilan Kodim 0713 Brebes, perwakilan Bappeda, dan DPUTR Kabupaten Brebes, Muspika Paguyangan serta  Perangkat Desa, unsur BPD, seluruh ketua RT/RW, Tokoh masyarakat, tokoh agama setempat.- (H05/Imam).