iklan banner

SMAN 01 Paguyangan Tanamkan Jiwa Didiknya, Agar Lahir Kartini Baru Di Era Modern

(harianbumiayu.com),- Paguyangan, Kartini diperingati secara serentak oleh seluruh siswi dari tingkat PAUD hingga SMA/SMK yang ada di wilayah Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes dan seperti diketahui, Hari Kartini merupakan momentum peringatan atas perjuangan pahlawan perempuan yang dilahirkan di Jepara pada tanggal 21 April 1879 Sosok Perempuan Jawa, R.A Kartini merupakan pelopor  bagi kaum perempuan di Indonesia. Ia dikenal sebagai pahlawan yang bekerja keras untuk memperjuangkan kesetaraan gender, sehingga kaum perempuan tidak lagi dipandang sebelah mata. Berkat perjuangan itu pula, sosok Kartini menjadi inspirasi bagi banyak perempuan Indonesia, khususnya dalam mendapatkan pendidikan dan pekerjaan yang sederajat dengan kaum laki-laki. R.A Kartini 

Dalam rangka memperingati hari Kartini 2016,  SMAN 01 Paguyangan mengadakan berbagai perlombaan untuk siswa diantaranya lomba merangkai bunga, membungkus kado, memasang dasi menghias  nasi goreng dan mading,  dan tak ketinggaan lomba kebersihan kelas. hal ini dimaksudkan agar siswa mampu berkreasi dan berinovasi sebagai sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan,

Sebelum rangkaian lomba dimulai dilakukan upacara peringatan kartini seluruh Ibu Guru/Karyawan dan siswi  SMA Negeri 01 Paguyangan mengenakan pakaian kebaya untuk mengikuti Upacara Bendera dalam Rangka Memperingati Hari Kartini Tahun 2016. Dalam kesempatan tersebut Ibu siti Nurokhmah, S.Pd  M.Pd sebagai pembina upacara yang diikuti oleh seluruh Guru  dan seluruh siswa-siswi SMPN 01 Paguyangan,Pelaks, Kamis, (21/04).

Siti Nurokhmah, S.Pd M.Pd yang juga sebagai Pembina kesiswaan mengatakan Peringatan Hari Kartini ini hendaknya bukan hanya sebagai seremonial semata, maupun hanya  pake baju kebaya  namun kita harus bisa memaknai dari peringatan sehingga para wanita Indonesia terus berupaya meningkatkan perannya demi kemajuan bangsa dan negara tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang wanita, ujarnya.

Siti Nurokhmah menambahkan semoga dengan peringatan ini  dapat ditanamkan pada siswi-siswinya agar lahir Kartini-Kartini baru yang lahir diera modern ini. Sosok Kartini merupakan sosok  pejuang yang gigih didalam memperjuangkan hak-haknya sebagai kaum perempuan, hendaknya kaum perempuan juga ikut terlibat didalam kemajuan bernegara diberbagai bidang. Kegigihan sosok R.A Kartini dalam memperjuangkan harkat dan martabat kaum perempuan dan menjadi tauladan bagi kaum perempuan hingga saat ini.

R.A Kartini mendapatkan penghargaan dari pemerintah dengan ditetapkannya R.A Kartini sebagai Pahlawan Nasional yang dikeluarkan oleh Presiden Soekarno melalui Keputusan Presiden Indonesia No.108 Tahun 1964, keputusan tersebut dikeluarkan pada tanggal 02 Mei 1964. Dan Presiden Soekarno Sendiri menetapkan hari lahir R.A Kartini, yakni tanggal 21 April sebagai Hari Kartini hingga sekarang. (H05/Imam).