iklan banner

Kondisi Jembatan Dan Rumah Warga Belum Mendapat Perhatian Pemerintah



(harianbumiayu.com),- Sirampog, Jembatan  sebasgai sarana penhubung warga dua Kabupaten Brebes dan Tegal kini mengalami nyaris putus, kondisi tersebut sudah satu tahun yang lalu hingga sekarang belum mendapat perhatian pemerintah daerah  Brebes maupun Pemda Tegal.

Akibatnya  ribuan warga  sebagian besar  adalah petani dan pedagang sayuran, secara effesien mereka setiap melakukan aktivitasnya memasarkan hasil buminya ke wilayah Kabupaten Tegal dengan  melalui satu-satunya akses tersebut dan sebaliknya warga Kabupaten Tegal pun  melakukan hal yang sama dengan menggunakan sarana tersebut, sehingga dengan kondisi tersebut mereka terganggu lantaran rusaknya jembatan yang nyaris putus.

Kades Kaligiri kecamatan sirampog,Rosidin menjelaskan  jembatan penghubung antar kabupaten (Brebes-Tegal) yang berada dilokasi wilayah Dukuh Slada Desa Kaligiri Kecamatan Sirampog membentang diatas sungai pedes sepanjang (35 x 3 ) meter terbuat dari rangkaian bambu  itu nyaris putus pada bulan April 2015 lalu, akibat hantaman banjir sungai pedes saat hujan turun . katanya saat ditemui dikantor kecamatan sirampog  Selasa  (26/04).

Menurut Kades , selama ini untuk penanganan jembatan tersebut baru sebatas penanganan darurat dan sudah 5 kali diperbaiki secara swadaya oleh masyarakat, namun janji Pemkab Brebes yang akan memperbaiki pada tahun ini belum juga terealisir.
Saat itu Bupati pernah meninjau secara langsung kondisi jembatan yang memprihatinkan itu  dan pihaknya mengintruksikan kepada dinas PU TARU untuk segera melakukan perbaikan, akan tetapi hingga sekarang upaya itu belum juga dilakukan.

Lebih lanjut pihaknya Berharap pemerintah Pemda Brebes ataupun Pemda Tegal  untuk segera melakukan perbaikan  jembatan penghubung antar kabupaten itu. Mengingat pentingnya jembatan itu untuk akses mobilitas 2 warga, baik dari Kabupaten Brebes maupun Kabupaten Tegal, karena mereka membutuhkan Akses tersebut dengan jarak tempuh terdekat  baik  menuju pasar paingan Mentik Tegal maupun  dengan  pasar pengasinan Sirampog Brebes.” kata Kades.

Rosidin menambahkan  selain kondisi jembatan juga rumah warganya  yang  berlokasi ditepi sungai tersebut terancam ambruk saat bersamaan hingga sekarang belum mendapatkan bantuan dari Pemda Brebes. Rumah milik Dangut (60) yang dihuni oleh 5 jiwa di dukuh Graulpetung RT 01 Rw 03 Desa Kaligiri. (H07/Yoga).