iklan banner

Warga Dua Desa Terancamn Terisolir , Akibat Jalan Penghubung Longsor



HARIANBUMIAYU.COM,Bantarkawung, Sarana insfrastrultur transportasi masyarakat Desa Banjarsari Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes mengalami longsor, akibat bagian bawah tebing sungai cihaur tergerus arus banjir saat hujan lebat Kamis 17/03/16.

Kondisi kelongsoran jalan sepanjang 35 meter , lebar 3 meter dan tinggi 3 meter.dan hanya menyisakan badan jalan kurang dari 2 meter, lokasi longsor merupakan badan jalan dekat  lokasi sebelah selatan oprit jembatan Cihaur di Dukuh Cimerak Desa Cibentang, Sehingga Jalan tidak dapat dilalui kendaraan roda empat, sementara kendaraan roda dua harus hati-hati saat melintas melalui badan jalan yang masih tersisa.

Kepala Desa (Kades) Cibentang, Nafsin mengatakan, akibat longsor tersebut berdampak pada aktivitas perekonomian maupun pendidikan warganya terutama yang berada di Dukuh Cibentang atas, Ciawi dan Ciasem dengan jumlah penduduknya mencapai 4000 jiwa lebih.

Lebih lanjut dikatakan Nafsin, jalan yang longsor tersebut juga menjadi satu-satunya penghubung menuju Desa Banjarsari. Sehingga lebih dari 5000 jiwa penduduknya juga mengalami dampak kesulitan transportasi dan berimbas pada perekonomian warga.

Penangan darurat pada bagian jalan yang longsor telah diberi pembatas untuk pengaman dengan menggunakan bamboo dan dilakukan oleh . Jajaran Muspika  bersama personil TNI Koramil  dan Polsek dibantu masyarakat desa banjarsariu dan cibentang bahu membahu melakukan upaya penanganan darurat, ujarnya
.
Sementarta Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes, H.Satibi bersama tim telah meninjau ke lokasi bencana jalan putus akibat longsor tersebut. mengatakan  pihaknya segera berkordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) untuk melakukan penanganan darurat.

Penanganan segera dilakukan dengan mendatangkan alat berat untuk mengurug badan jalan yang longsor, sekaligus melakukan normalisasi Sungai Cihaur yang menjadi penyebab longsor. ," kata Satibi. – (H05/Imam).