iklan banner

Penggerak PKK Desa Wanatirta Mendapat Penilaian Terbaik dalam Lomba Cipta Menu 2016

Lomba Cipta Menu Tingkat Kecamatan
HARIANBUMIAYU.COM, Paguyangan, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2015 Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes  melalui Kantor Badan Ketahanan Pangan bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten  menyelenggarakan   Lomba   Cipta   Menu   2016 Tingkat  Kabupaten yang  diikuti oleh 17 peserta dari Tim Penggerak PKK Tk. Kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes.
Camat Paguyangan, Akhmad Hermanto,SIP mengatakan Lomba Cipta Menu di tingkat  Kecamatan Paguyangan penggerak PKK Desa Wanatirta mendapat penilaian terbaik sehingga mewakili Kecamatan Paguyangan dan selanjutnya berhak untuk maju pada lomba ditingkat Kabupaten, sebelum penilaian lomba tersebut diikuti peserta dari 12 penggerak PKK Desa yang ada, digelar dihalaman kantor Kecamatan setempat Kamis,18/02/16.

Camat menambahkan lomba citra menu pada tahun 2015 tahun lalu tim penggerak PKK-nya berhasil mendapatkan juara I tingkat Kabupaten dan maju ketingkat Provinsi Jawa Tengah, dan pihaknya berharap tahun ini dapat dipertahankan sebagai juaranya, ujarnya.
Sementara tim penilai dari Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes, Bambang menjelaskan tujuan dari lomba ini adalah untuk  mengangkat  kembali  citra  makanan  khas  daerah  yang  selama  ini kalah bersaing dengan makanan modern (fast food), maka dipandang perlu untuk mengembangkan menu B2SA (Beragam Bergizi Seimbang dan Aman) - juga Halal -  yang berbasis pada kearifan lokal, dimana menu yang diciptakan dengan memodifikasi/menggunakan resep makanan khas daerah, yakni menu utama yang terdiri dari sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang disesuaikan dengan prinsip beragam, bergizi seimbang, dan aman. 
“Untuk membangun budaya keluarga dan masyarakat untuk mengkonsumsi aneka menu makanan pangan lokal khas daerah sesuai prinsip B2SA antara lain melalui pemanfaatan hasil pekarangan dan untuk mengangkat citra makanan local sebagai khas daerah sehingga dapat digemari dan mampu bersaing dengan makanan lainnya,” terang Bambang- (H06/Supriyati)