iklan banner

Menjelajah Curug Carang , Demi Keindahan Tersembunyi



HARIANBUMIAYU.COM,BANYUMAS, Akhir-akhir ini, wisata air terjun atau orang lebih suka menamainya curug memang tengah digandrungi oleh masyarakat, baik muda maupun tua. Mereka tertarik dan terpesona dengan keindahan yang ditawarkan dengan segala keasrianya, walaupun hanya sekedar untuk membasuh muka, berenang atupun berselfie atau sekedar  berfoto untuk kemudian di upload ke media sosial milik mereka, hal ini menjadi sebuah keasyikan dan kepuasan tersendiri.



Banyumas merupakan salah satu kabupaten yang dianugrahi pesona curug tersebut. Tak terhitung berapa banyak air terjun di Banyumas, Rasanya sangat pantas bila menyebut Banyumas merupakan surganya curug. 



Desa Kemutug merupakan salah satu desa di Kabupaten Banyumas yang memiliki beberapa curug yang sangat indah, alami, dan belum banyak dikunjungi, diantaranya curug orak-arik, curug gagak dan tentunya curug carang.


Curug carang merupakan salah satu curug yang sedang booming di media sosial dan sedang digandrungi oleh komunitas pecinta curug. Untuk menuju lokasi, dari kota Purwokerto kita harus mengambil jalur arah Baturaden, sebelum gerbang wisata Mandala Baturaden kemudian ambil jalur ke kanan arah ke desa Kemutug atau jalur curug Telu, ikuti saja jalan tersebut dan sampai menemukan penunjuk arah menuju curug carang. Tiket masuk ke curug carang masih relative murah yaitu sebesar Rp 5.000,- yang dikelola oleh pihak desa bersama karang taruna.

Dari pintu masuk kita akan menempuh perjalanan kurang lebih 1,2 KM untuk sampai kelokasi, dengan medan yang cukup ekstrim yaitu menuruni tebing yang cukup curam dengan menggunakan seutas tali dadung hingga sampai ke bawah, kemudian dilanjutkan dengan menyusuri sungai dan merayap di bebatuan sungai. 



Dalam menyusuri sungai menuju curug carang, kita akan menemukan juga curug gagak yang cukup indah namun debit airnya tidak begitu besar.
  
Namun semuanya itu terbayar lunas dengan segala perjuangan melewati berbagai rintangan namun semua itu menjadi suatu pelajaran yang sangat berharga "bahwasanya untuk mencapai suatu kebahagiaan harus kita lewati segala rintangan dan tantangan yang ada. Setiap perjalanan hidup manusia musti ada hambatan.Hanya dengan kesungguhan dan kerja keraslah semua dapat diraih. dengan keindahan curug yang luar biasa indahnya, sehingga kita ingin berlama-lama berada disana.



Keindahan alam Banyumas mestinya dapat dikelola dengan baik, sehingga mampu menarik perhatian wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Dengan adanya pengelolaan tentunya akan menambah APBD yang pada akhirnya mampu mensejahterakan masyarakat kabupaten Banyuamas. Saya sangat berharap kepada pemerintah untuk dapat mengelola potensi wisata yang ada di wilayah Banyumas. Bukan hanya keberadaan curug saja namun masih banyak potensi potensi wisata yang seharusnya kita eksplor bersama sama.  
  
Sayang jika hal ini tidak diperhatikan oleh Pemda. Potensi yang begitu indah dan luar biasa ini harus dibiarkan tanpa adanya pengelolaan.(Kontributor :Bayu Handoko).