iklan banner

DBD Serang Warga Kecamatan Bantarkawung

HARIANBUMIAYU.COM, Bantarkawung -
Sekitar belasan warga di dua desa yakni Desa Jipang serta Desa Bambayang Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes diserang  wabah Demam Berdarah Dengue (DBD). Dan memakan korban satu anak meninggal dunia setelah dirawat di salah satu rumah sakit di bumiayu. Camat Bantarkawung Gunarto MSi langsung melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait dan seluruh kades di ruang kerjanya. pada Selasa 09/02/16.

PJS Kepala Desa (Kades) Jipang  H Sugiarto menerangkan, warganya yang terjangkit DBD itu berjumlah 11 orang yang tersebar di 3 pedukuhan diantarnya Dukuh Cikokol sebanyak 3 orang. dukuh Kosambi  5 orang  dan di Dukuh Jipang sebanyak 3 orang. Dari sebelas warganya satu anak meninggal dunia  setelah mendapat perawatan   rumah sakit di bumiayu bernama Paundra Jaya Leksana (12) warga Dukuh Kosambi RT 04/07 Desa Jipang Senin, 08/02/16. 

“Kami telah melaporkan kasus DBD ini kepuskesmas dan kantor kecamatan setempat. Dan meminta Tim kesehatan Puskesmas Bantarkawung untuk melakukan foging ke rumah-rumah warga, dalam upaya pencegahan agar tidak memakan korban  banyak lagi” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Ahmad Faizin selaku kades Bangbayang bahwa, kasus DBD yang menyerang warganya itu terjadi di Dukuh Bangbayang utara sebanyak 4 orang yakni Arina (5), Aditya (5) dan Kaysa (5).


Camat Bantarkawung Gunarto Msi mengakui warga diwilayahnya telah diserang wabah Demam Berdarah Dengue (DBD). Dan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait tersebut  dalam penanganan yang dialami warganya.



Lebih lanjut Gunarto meminta kepada seluruh Kades agar segera melaporkan jika ada gejala wabah DBD yang menyerang warganya dan menyarankan bagi masyarakat yang merasa/mendapatkan keluhan seperti DBD, untuk cepat memeriksakan diri ke puskesmas terdekat atau kedokter seladin  kades, camat menghimbau kepada warga dalam pencegahannya diminta untuk melakukan 3 M yakni menguras, menutup, dan mengubur potensi sarang nyamuk ditempat tinggal dan sekitarnya, pungkasnya – (H06/Suryati).