iklan banner

Bupati Banyumas Melakukan Ziarah di Makam Raden Joko Kahiman

Bupati Banyumas melakukan tabur bunga di pusara R.Joko Kahiman
HARIANBUMIAYU.COM, BANYUMAS,- Peringatan Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke-445, Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Jajaran Forum Komunikasi Daerah (Forkominda) Kabupaten Banyumas dan juga para pemimpin Dinas / Lemtekda melakukan ziarah ke makam Raden Joko Kahiman yang berada di Makam Dawuhan, Kecamatan Banyumas Kamis 18/02/16.

Dalam kegiatan ziarah tersebut diawali dengan pembacaan doa, tabur bungan dan diakhiri dengan pembagian sedekah kepada masyarakat yang mengikuti jalannya prosesi iarah.
 
Wakil Bupati Banyumas melakukan tabur bunga di pusara R.Joko Kahiman
 Dalam sambutanya  Husein mengatakan "Peringatan hari jadi Kabupaten Banyumas ke 445, tahun 2016 ini didasarkan pada Peraturan Daerah (Perda) No.10 Tahun 2015 dimana ditetapkan tanggal 22 Februari 1571  sebagai hari  lahirnya Kabupaten Banyumas yang didasarkan atas diwisudanya R.Joko Kahiman menjadi Adipati Warga Utama II oleh Sunan Pajang.

Husein juga mengatakan ziarah bukan merupakan kegiatan untuk mengagung-agungkan Raden Joko Kahiman tetapi untuk memperingati terhadap leluhur yang sudah banyak jasanya terhadap Kabupten Banyumas.

"R. Joko Kahiman kue ora due pamrih kanggo kepentingane dewek, nanging kabeh kanggo murakabi tumpraping para kawula lan mbagi kadipaten kapara papat yakuwe Banjar Pertambakan, Mreden, Wirasaba lan Kejawar dipasrahaken maring ipe-ipene lan panjenengane milih laladan kejawar sing sebanjure dibangun dadi kadipaten sing sikine Kabupaten Banyumas" Imbuh Husein dengan bahasa Banyumas.


Husein juga berharap sebagai generasi penerus juga mempunyai tanggungjawab untuk membangun lan mewujudkan masyarakat Banyumas yang sejahtera dan memiliki budaya yang luhur " Kulo lan panjenengan kudu duwe rasa tanggungjawab nggula wenthah mbangun lan mujudaken masyrakat Kabupaten Banyumas sing Wareg, Waras, Wasis, uga duwe budhaya sing luhur" imbuhnya.#Humas. (H01/WWN)