iklan banner

Bank Darah Pelengkap Sarana Di RSUD Bumiayu



Suasana depan RSUD Bumiayu (Foto:Supriyati)
HARIANBUMIAYU.COM,BUMIAYU -Upaya melengkapi salah satu sarana dan prasarana RSUD Bumiayu kabupaten Brebes dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, RSUD Bumiayu dalam waktu dekat ini akan  memiliki Bank Darah. sehingga masyarakat Brebes selatan tidak lagi jauh-jauh mencari darah ditempat lain, dan dalam upaya tersebut pihak RSUD segera menyiapkan petugasnya untuk dilakukan pelatihan dalam mengelola bank darah tersebut disamping itu telah disiapkan peralatan maupun kelengkapannya, Bank Darah  ini  merupakan harapan masyarakat Brebes bagian selatan dan kini bisa terwujud, hal ini  dikatakan Direktur RSUD Bumiayu, drg  Rozikin.


Direktur RSUD Bumiayu. drg Rozikin mengatakan keberadaan Bank Darah diwilayah Brebes bagian selatan ini sangat penting sekali terutama pada sebuah rumah sakit untuk melayani masyarakat yang membutuhkan darah maupun tranfusi darah dan dalam.


“Tidak lama lagi RSUD Bumiayu sudah menyiapkan petugas yang memiliki sertifikat dan kompetensi dalam mengelola Bank Darah ini, sehingga dengan harapan kebutuhan darah, masyarakat tidak akan merasa kesulitan untuk  mencarinya karena di RSUD Bumiayu sudah tersedia darah”, katanya.


Sementara Wakil Ketua PMI Cabang Brebes, Hartono mengungkapkan keberadaan Bank Darah tersebut sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat akan kebutuhan darah. Padahal di kabupaten Brebes sendiri kebutuhan darah mencapai rata-rata perbulannya 800 kantong sedangkan untuk kebutuhan masyarakat  Brebes bagian selatan 200 kantong dan upaya untuk memenuhi kebutuhan darah itu pihak PMI saat ini sedang giat-giatnya menampung donor darah dari masyarakat.


Lebih lanjut dijelaskan fungsi Bank Darah nanti sebagai tempat menampung dan menyimpanan  darah sedangkan pengelolaan darah  akan dilakukan  oleh PMI Cabang Brebes, ungkap Hartono saat melakukan kunjungan dan koordinasi ke RSUD Bumiayu Kamis 04/02/16.- (H06/Supriyati).