iklan banner

Temu Lapang Dan Panen Perdana Percontohan Sistem Tanam Jajar Legowo

HARIANBUMIAYU.COM,-Paguyangan, Temu Lapang dan Panen Perdana  display inovasi teknologi  buiaya padi dan sawah  dalam mendukung swasembada pangan dan kegiatan pendampingan UPSUS padi  diwilayah poktan Gemi  Kecamatan Paguyangan,Kabupaten Brebes  yang bertempat lokasi Display Desa Paguyangan Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Kamis ( 19/08).


“Tujuan dari pelaksanaan demplot sendiri sebagai contoh tentang penerapan teknologi budidaya padi khususnya tanam jajar legowo dan pupuk berimbang. Keuntungan tanam jajar legowo sendiri iantaranya prtumbuhan tanaman serempak, jumlah populasi tanaman lebih banyak jika ibaningkan ngan sistem tanam biasa “ Jelas Ir.Eko Purwadi selaku kepala BPP Kecamatan Paguyangan.

“Upaya untuk meningkatkan Upsus (Upaya Khusus)Pajal, para petani harus kerja keras,antisipasi berbagai serangan hama,Salah satu upaya untuk mengatasi hama salah satunya dengan sistem tenam serempak ini “tambah Eko.


Sementara Ir.Subagyo,SP selaku koordinator program mengatakan bahwa “ Berdasarkan asumsi paa umumnya tanaman pai serempak ini hasilnya lebih bagus, harapannya kedepan para petani khusunya di wilayah Paguyangan sendiri akan menanam jajar legowo “Ujarnya.

“Sehingga Upaya Khusus swasembada Padi,Jagung dan Kedela (PAJALE ) dapat tercapai, Kabupaten Brebes 2016 ini dapat tercapai “ Tambah Subagyo.


Sementara H.Nurokhman mewakili Gapoktan Desa Paguyangan mengatakan bahwa”Untuk penerapan sistem  teknologi budidaya padi khususnya tanam jajar legowo dan pupuk berimbang ini tentu harus didukung dengan alat produksi pertanian yang memadai, sementara ini alat pertanian kita masih kurang seperti traktor, mudah mudahan kedepannya dengan percontohan ini serta adanya dukungan alat pertanian yang memadai swasembada pangan nasional dapat diwujudkan”Ujar H.Nurokhman.

"Hal  senada juga disampaikan oleh Ketua Poktan Gemi  "Kita butuh pralatan traktor , saya yakin kedepan pertanian disini akan menanam jajar legowo untuk mendukung tercapainya swasembada pangan nasional"Ujar Julianto.



Acara tersebut dihadiri oleh Dinas Pertanian Kabupaten Brebes, Muspika  serta Kepala Desa Paguyangan. (H01/Yus).