iklan banner

Provinsi Gorontalo Menjadi Prioritas Pembangunan Transmigrasi Dengan Konsep Nelayan


(harianbumiayu.com) Jakarta, Konsep transmigrasi di jaman orde baru lain dengan konsep di era pemerintahan Jokowi –JK. Pada pemerintahan orde baru bahwa konsep transmigrasi diidentikan dengan pola agraris, namun di era pemerintahan Jokowi-JK menerapkan konsep transmigrasi dengan pola nelayan hal ini didasarkan pada visi kemaritiman. 

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar mengatakan  bahwa kawasan pantai potensial untuk pengembangan pola nelayan tangkap ikan dan budidaya. Oleh karena itu, kawasan tersebut akan dikembangkan menjadi kawasan pemukiman dengan konsep nelayan.

"Berbeda dengan kawasan transmigrasi lain yang mayoritas mengembangkan konsep pertanian dan perkebunan,” ujar  Marwan, di Jakarta, Selasa (21/6/2016).
Salahsatunya di kawasan Paguyaman Pantai, Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo yang merupakan salah satu prioritas pembangunan transmigrasi tahun ini. Kawasan ini akan dikembangkan menjadi kawasan transmigrasi dengan konsep nelayan”Ujar Marwan.
Kawasan tersebut potensial untuk 1000 KK (Kepala Keluarga). Kemendesa PDTT di Tahun 2015 telah membangun 100 unit rumah transmigran dan telah ditempati sebanyak 65 KK (225) Jiwa.

“Sedangkan sisanya belum ditempati ,tahun 2016 ini akan ditempati transmigran dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat,” ujarnya.(H01/Yusfi).
<![endif]-->