iklan banner

Pemda Brebes Tebar Ratusan Ribu Ekor Benih Ikan Nila




(harianbumiayu.com),- Paguyangan, Guna meningkatkan sumber daya ikan serta menunjang pendapatan nelayan, sebanyak 100 ribu ekor benih ikan Nila ditebar ditengah waduk penjalin desa winduaji kecamatan paguyangan kabupaten brebes oleh wakil bupati narjo SH  Selasa ,29/03/16.

Kepala Dinas Kelautan dan perikanan (DKP) kabupaten Brebes, H.Tandi Mpi mengatakan pemda brebes telah memprogramkan kegiatan ini pada setiap tahun dibeberapa waduk dan embung yang ada dikabupaten brebes dalam rangka melestarikan dan memberikan manfaat maupun kesejahteraan serta meningkatkan pendapatan bagi masyarakat  disekitarnya .

Sementara  Sambutann Wakil Bupati, Narjo SH menyampaikan, kabupaten Brebes telah dikaruniai potensi dan kekayaan alam yang cukup melimpah, baik dari hasil lautan, kekayaan hutan, kesuburan tanah maupun sumber daya air yang merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat.

Dengan luas wilayah 485,075 kilometer persegi Kabupaten Brebes memiliki potensi kelautan dan perikanan yang meliputi panjang garis pantai 65,48 kilometer, area tambak sebesar 12,748 hektar dan kolam ikan tawar seluas 114 hektar.

Selain itu juga ada 2 buah waduk yaitu Waduk Malahayu dan Waduk Penjalin dengan luas 827 hektar, kiranya merupakan potensi yang luar biasa.

“Pada tahun anggaran 2016 pemkab Brebes melalui DKP telah melakukan penebaran benih ikan di waduk , embung dan sungai sebanyak 441 ribu ekor. Kemudian yang kami tebar di waduk penjalin ini sejumlah 100 ribu ekor, jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 50.ribu ekor saja,” ucap Narjo.

Berdasarkan keterangan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Brebes beberapa waktu lalu kegiatan penaburan benih ikan Nila juga dilakukan di beberapa tempat yaitu sebanyak 231 ribu benih ikan untuk Waduk Malahayu Kecamatan Banjarharjo, 10 ribu benih ikan ditebar di embung Kecamatan Jatibarang dan 100 ribu benih untuk perairan umum daratan pemali. – (H09/Yoga).