iklan banner

Bupati Banyumas serahkan DPA secara simbolis

Serah terima Dokumen Pelaksanaan Anggaran 
HARIANBUMIAYU.COM, Banyumas,- Acara serah terima Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA ) Tahun 2016, Selasa 02/01/16 Kemarin, acara tersebut digelar di Pendopo Si Panji Kabupaten Banyumas. Secara simbolis Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun 2016 tersebut diserahkan oleh Bupati Banyumas Ir.H.Achmad Husein kepada Kepala Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, SDABM,DCKKTR,Bapermas PKB dan Kecamatan Baturaden mewakili camat se-Kabupaten Banyumas.

Dalam kesempatan tersebut Wahyu Budi Saptono,M.sc dalam laporannya menyampaikann DPA merupakan tahap akhir dari proses penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2016 dan disusun berdasarkan Perda Nomor 19 Tahun 2015 tentang APBD Kabupaten Banyumas dan perbub Nomor 61 Tahun 2015 tentang penjabaran APBD Tahun Anggaran 2016.


"Selain sebagai dasar pelaksanaan kegiatan dan penggunaan anggaran DPA juga berfungsi sebagai alat pengendali,pengawasan dan perangkat akuntasi pemerintah karena Pagu dalam DPA merupakan batas pengeluaran tertinggi dan didalam pelaksanaanya harus dapat dipertanggungjawabkan "Ujarnya.

Jumlah DPA yang diserahkan sebanyak 2.137 DPA secara keseluruhan telah diselesaikan dan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Achmad Husain "tambahnya.

Bupati Banyumas Achmad Husain menegaskan" Bahwa DPA mengandung makna untuk dipertanggungjawabkan kepada 1,7 peduduk Banyumas jadi harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh dan jangan diselewengkan.

"Bupati berharap agar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk secepatnya melaksanakan kegiatan,apabila dalam bekerja mengalami kesulitan, agar tidak segan-segan dikonsultasikan/dilaporkan kepada saya , Wabup maupun Sekda dan minta untuk didampingi pihak kejaksaan"tambahnya.

 Laksanakan kegiatan sedini mungkin jangan menumpuk di akhir tahun, sehingga akan cepat bermanfaat untuk masyarakat dan apabila ada kesulitan, keragu-raguan secepatnya dilaporkan kepada saya, pak wabub maupun Pak Sekda atau minta apendampingan dari kejaksaan baik Purwokerto maupun Banyumas sehingga tidak bermasalah" imbuhnya

Bupati mengatakan bahwa audit untuk memperoleh opini dari BPK RI Perwakilan Jawa Tengah untuk Kabupaten Banyumas tahun 2016 dilaksanakan secara bersamaan ,BPK RI dan akuntan publik sehingga akan lebih teliti.

 Di akhir sambutannya Husein mengajak kepada seluruh pegawai untuk bekerjasama secara sungguh-sungguh dan ikhlas untuk Kabupaten Banyumas" mayuh pada kerja bareng, sing arep sregep lan ngati-ati, ikhlas kanggo masyarakat Banyumas, aja ngresulah lan ngedumel, kalau ada masalah diselesaikan bareng-bareng lan sering dikonsultasikan"pintanya dalam bahasa Dialek Banyumas.(H071/Moko).

Sumber:Banyumaskab