iklan banner

Saka Tunggal merupakan Masjid Tertua di Indonesia



HARIANBUMIAYU.COM, Banyumas, Masjid Saka Tunggal Baitusalam  terletak di desa Cikakak, Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas, Masjid ini merupakan masjid tertua di Indonesia. Masjid Saka Tunggal memang dibangun dengan keunikan tersendiri memiliki satu saka sehingga masyarakat pada umumnya menyebut dengan sebutan Saka Tunggal. Masjid Saka Tunggal berukuran 12 x 18 Meter merupakan satu satunya masjid yang dibangun sebelum jaman Wali Songo yang hidup pada abad ke 15-16 M. Masjid Saka Tunggal didirikan pada tahun 1288M, 2 bad sebelum Wali Songo.Dan jika diperkirakan masjid ini didirikan pada masa kerajaan Singasari sebelum masa kerajaan Majapahit. yang berdiri pada tahun 1294.

Saka Tuggal yang berada di tengah tengah bangunan utama masjid , Saka dengan empat sayap ditengahnya akan nampak seperti totem, sedangkan bagian bawah dari saka tersebut dilindungi dengan kaca yang berfungsi untuk melindungi bagian yang terdapat tahun didirikannya masjid tersebut. 

Tak diragukan lagi bahwa Saka Tunggal mengacu pada tahun Masehi karena baru pada angka ke- 16 , Jawa baru bersentuhan dengan Eropa (Angka Penanggalan Masehi) dan baru pada tahun 1502 Vasco da Gama memulai petualangannya ke Timur . dan pada saat itu Portugis menaklukan Malaka pada tahun 1511. Kemudian disusulah VOC dan Inggris. 

 Selain menikmati keunikan masjid Saka Tunggal disekitar masjid terdapat bangunan-bangunan rumah tua, yang usianya sekitar ratusan tahun. nampak terlihat dari desain rumah yang menyerupai bangunan-bangunan jaman kerajaan. Walaupun sudah berusia ratusan tahun masyarakat desa Cikakak, Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas ini tetap menjaga kelestariannya. 

Sumber:Banyumasku