iklan banner

Nova dkk keracunan saat perayaan Ulang Tahun

(harianbumiayu.com), Tonjong – Beberapa  anak dan orang dewasa warga Dukuh Wadasgumantung, Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong, kabupaten Brebes,  mengalami keracunan seusai mengikuti acara ulang tahun anak salah satu warga setempat, Jumat jumat sore 15/1. Insiden tersebut tidak memakan korban jiwa.

Umi (27) ibu Nova (4) yang merupakan salah satu korban keracunan yang sempat dirawat di Puskesmas Tonjong mengatakan anaknya mengalami pusing-pusing setelah menyantap makanan yang dibagikan di rumah Suwanda Saputra (28) yang menggelar acara ulang tahun anaknya bernama Ninda (2). Korban Nova dan teman-temannya jiwa mereka berhasil diselamatkan setelah ditangani  oleh tim medis.
Kepala Puskesmas Tonjong, dr.Ida Rahmawati mengungkapkan seluruh korban benar mengalami keracunan makanan, karena mereka segera dibawa ke puskesmas dan ditangani satu – dua hari mereka bisa sembuh dan diperbolehkan pulang, pihaknya megnhimbau kepada masyarakat manakala terjadi kasus serupa agar segeralah korban dilarikan ke Puskesmas untuk ditangani oleh medis, ungkapnya.

Sementara Kapolsek Tonjong AKP Misyanto membenarkan adanya sejumlah anak-anak dan orang dewasa warga yang mengalami keracunan di Dukuh Wadasgumantung.
Dijelaskan Misyanto menambahkan, korban mengalami mual-mual dan muntah-muntah selepas menyantap makanan berupa nasi kuning, telur, tempe, dan mentimun yang dibagikan dalam acara ulang tahun salah seorang warga. Nama korban keracunan diantartanya Nova (4), Ekasari (16), Tuslina (32), Wahad (35), Dani ((12), Dilla Safitri (12), Anggel (11), Sularsi (32), Cika (4), Rina (27), dan Rini (8).
Seluruh korban keracunan langsung dilarikan ke Puskesmas Tonjong, namun karena keterbatasan kamar perawatan sebagian korban di bawa ke Puskesmas Kesambi di Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal yang letaknya tidak begitu jauh dari Lokasi kejadian.

Walaupun acara yang diperuntukan untuk anak-anak, namun ada juga korban orang remaja mauypun dewasa. Enam korban langsung diperbolehkan pulang oleh pihak medis puskesmas setempat." Ujar AKP Misyanto saat ditemui diruang kerjanya , Sabtu (16/01).
Kasus korban keracunan tersebut saat ini sedang dalam penanganan kepolisian setempat.- (H05/Imam)