iklan banner

Musrembangdes Tahun 2016 digelar secara marathon

(harianbumiayu.com),Bumiayu, Musrenbangdes (Musyawarah Rencana Pembangunan Desa) merupakan kegiatan musyawarah tahunan yang membahas mengenai perencanaan pembangunan desa. Berbeda dengan rakordes yang menitikberatkan pada pembangunan yang telah dicapai, Musrenbangdes lebih berfokus pada perencanaan pembangunan desa untuk tahun berikutnya. Dalam Musrenbang dipaparkan laporan mengenai rancangan anggaran pembangunan yang dilakukan oleh tiap-tiap RW yang berada di tiap desa kepada seluruh peserta musrenbang, hal ini diungkapkan sekcam bumiayu, Eko Purwanto SP saat menhadiri Musrenbangdes 2016 di desa adisana Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes, belum lama ini.
Camat Bumiayu melalui sekcam Bumiayu, Eko Purwanto SP mengatakan pelaksanaan musrenbangdes 2016 ini digelar secara marathon ditiap desa yang ada di kecamatan Bumiayu berjumlah 15 desa dimulai sejak tanggal 1 – 16 januari 2016 , perlunya kegiatan ini untuk menentukan arah dan rencana Pembangunan ditiap desa untuk Tahun 2017 mendatang. Adapun usulan yang dibahas atau diajukan merupakan hasil Musyawarah dari tiap – tiap Dusun (Musdus) yang kemudian dibahas dan disampaikan dalam acara Musrenbang Tingkat Desa Adapun hasil dari Musrenbang tersebut antara lain : menentukan Delegasi untuk mengikuti Musrenbang Tingkat Kecamatan, katanya.Selasa,(05/01).

Dijelakan Pelaksanaan  Musrenbangdes tahun 2016 merupakan dokumen usulan rencana kerja pembangunan untuk dilaksanakan pada tahun 2017 yang merupakan turunan dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang akan diusulkan

Lanjut Eko dari hasil menghadiri musrenbang ditiap desa menerangkan mayoritas desa yang ada saat ini masih membutuhkan pembangunan sarana insfrastruktur jalan, jembatan dan talud sebagai prioritas usulan yang diajukan pada tahun 2017  Dari semua usulan – usulan tersebut akan diajukan di Musrenbang Tingkat Kecamatan. “ Harapannya  dari semua usulan – usulan itu bisa terealisasi di Tahun 2017”,  ujarnya -(H05/ Imam).