iklan banner

Gapoktan Tani Makmur Gelar RAT 2015

HARIANBUMIAYU,BUMIAYU - Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) dari Kementrian Pertanian telah menjadikan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di tiap-tiap desa menjadi lebih hidup dan lebih berdaya. Anggota kelompok-kelompok tani yang merupakan anggota gapoktan sangat terbantu dengan adanya bantuan permodalan dari PUAP yang dikelola gapoktan dalam bentuk pinjaman.
Sebagai bentuk pertanggung jawaban dari pengurus gapoktan dalam mengelola dana PUAP periode satu tahun pembukuan, maka pengurus gapoktan diwajibkan untuk menyelanggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) demi transfaransi pengelolaan keuangan gapoktan PUAP.
Sehubungan dengan telah berakhirnya tahun buku 2015, maka gapoktan-gapoktan yang berada di wilayah kerja Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) kecamatan Bumiayu  tengah mempersiapkan segala administrasi untuk pelaksanaan RAT gapoktan PUAP. Administrasi yang disiapkan terutama pembuatan administrasi keuangan seperti yang dilakukan gapoktan tani makmur desa dukuhturi kecamatan bumiayu kabupaten brebes menggelar rat 2015 secara sederhana diruang Lumbung Padi Tani Makmur desa setempat, Jum'at 22/01/16.
Basuki kertua tim tekhnis dari Dinas Pertanian dan Holtikultural Kabupaten Brebes mengatakan  kegiatan  tahunan ini wajib dilaksanakan oleh setiap Gapoktan untuk mengevaluasi sebagai pertanggung jawaban pengurus kepada anggota dalam menjalankan tugasnya selama satu tahun. Bentuk pertanggung jawaban ini dituangkan dalam sebuah laporan. Dan pihaknya memberikan apresiasi kepada gapoktan tani makmur ini bisa menggelar RAT tepat waktu, Hal ini agar bisa diteladani oleh Gapoktan-Gapoktan yang lainnya, ujarnya.
Tambah dia menyadari Gapoktan Tani Makmur ini masih belum berkembang dengan  kehati-hatian para pengurus dalam mengelola dana PUAP namun dapat melaksanakan kegiatan RAT sesuai aturan dan diharapkan untuk kedepan akan lebih maju dan berkembang bisa  mensejahterakan para petani yang menjadi anggotanya.

Sementara ketua Gapoktan Tani Makmur Dukuhturi Bumiayu M. Amin Hamidi dalam sambutannya atas nama pengurus lembaga keuangan Gapoktan Tani Makmur mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu atas terselenggaranya kegiatan ini, sehingga dapat terlaksana sebagai mana yang direncanakan. dan menyadari bahwa masih banyak kekurangan, pihaknya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun, sehingga pada kesempatan berikutnya bisa lebih baik lagi. 

Acara RAT 2015  Gapoktan Tani Makmur Dukuhturi Bumiayu dihadiri  tim teknis Dinas Pertanian dan Holtikultural kabupaten Brebes, jajaran Badan Penyuluh Lapangan Pertanian kecamatan Bumiayu, Kades Dukuhturi dan puluhan anggotanya. – (H05/Imam).