iklan banner

Camat Bumiayu : himbau agar panitia pilkades serentak 2016 bersikap netral


Pembentukan Panitia Pilkades 2016
HARIANBUMIAYU.COM, BUMIAYU– Dalam rangka persiapan pelaksanaan pilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak di Kecamatan bumiayu yang agendanya akan dilaksanakan pada tanggal 17 april 2016 mendatang, camat bersama dengan jajaran muspika memberikan pengarahan kepada para ketua panitia pilkades dan calon kades di tiga desa baru-baru ini. Dan untuk mencapai kesuksesan dalam pelaksanaan Pilkades serentak diwilayah kecamatan Bumiayu kabupaten Brebes diminta  menjadi  panitia Pilkades harus menjaga kenetralisasiannya dan  bisa memposisikan diri. Panitia harus berada ditengah-tengah, mengakomodir semua keinginan warga dan Calon Kepala Desa, hal tersebut diungkapkan Ketua Camat Bumiayu Urip Rosidik,SIP Pada setiap acara pembentukan panitia Pilkades  di 3 desa yang akan menggelar Pilkades serentak 17 April 2016 mendatang.Sabtu,23/01/16.

Adanya panitia Pilkades yang telah dibentuk oleh Badan Perwakilan Desa (BPD) tidak dimaksudkan untuk memfasilitasi salah satu calon Kades saja, akan tetapi semua calon, ujarnya.

Camat juga meminta bagi panitia yang tidak bisa netral dan condong ke salah satu calon agar sebaiknya mengundurkan diri saja dari kepanitiaan. “Lebih baik mundur jadi panitia pilkades kalau tidak bisa netral dan hanya memfasilitasi salah satu calon. Lalu jadi tim sukses saja, kan malah bagus,” tegasnya.


Jelas Camat, tahapan tahapan pilkades ditiga desa (Penggarutan, Kaliwadas dan Adisana) , dalam pelaksanaannnya nanti Pihaknya menghimbau kepada panitia agar bisa netral termasuk kepada tim sukses masing-masing calon agar tidak melakukan hal-hal yang mengundang keributan  yang berakibat terjadinya bentrokan atau gesekan antar warga. Karena pesta demokrasi  pemilihan Kepala Desa, adalah hanya sarana untuk mencari seorang figur pemimpin dengan suara terbanyak.
"Kita tetap konsisten berada ditengah-tengah, semua keinginan calon diakomodir, sepanjang tidak bertentangan dengan aturan yang berlaku, seperti Perda, Kita juga buat aturan pemilihan ini berdasrkan Perda juga, sehingga jika ada komplain dari pihak manapun, kita punya dasar hukum yang jelas, sehingga semua calon tidak merasa ada yang dirugikan," ucap camat.

Lebih lanjut camnat mengatakan, ,"jadi kita mohon kepada warga, harus bisa menghargai pilihan orang lain, toh ini kan hanya permainan, pasti ada yang menang dan kalah,"pungkasnya.-(H05/Imam.)