iklan banner

Antausias warga Desa Sokawera ikuti Musrembangdes 2016

Suasana Musrembangdes Desa Sokawera, Kecamatan Cilongok,
(harianbumiayu.com), Cilongok - Pelaksanaan  Musrembangdes Desa Sokawera,Kecamatan Cilongok medapatkan atausias dari warga, Senin(18/01).

Acara tersebut difasilitasi oleh BPD dan dipimpin oleh ketua BPD yang dihadiri sekitar 102 peserta yang terdiri dari beberapa unsur masyarakat diantaranya Perangkat Desa Sokawera sebanyak 10 orang, BPD (11 Orang),RT/RW (63 Orang), Pengurus Lembaga (9 Orang),Tokoh Masyarakat (9 Orang ).

Kegiatan Musrebangdes merupakan salah satu upaya kegiatan penjaringan aspirasi masyarakat, Yang sebelumnya telah dilakukan Musyawarah Dusun "Musdus" yang dilaksanakan di tiap Dusun. Dari hasil Musyawarah Dusun "Musdus" tersebut kemudian diusulkan didalam pelaksanaan Musrembangdes. Perencanaan Pembangunan Desa dilakukan secara Partisipatif oleh pemerintah desa sesuai dengan kewenangannya berdasarkan   (Pasal 63 ayat 2 PP 72/20053 ).

Sebelum pelaksanaan musrembangdes beberapa pemaparan yang dilakukan oleh BPD (Badan Permusyawaratan Desa) antaralain Evaluasi Pembangunan dan prioritas kegiatan desa ,Rancangan prioritas kegiatan di Desa serta perkiraan jumlah Alokasi Dana Desa,Daftar prioritas kegiatan pembangunan masing-masing RW hasil musyawarah warga.

Perencanaan pembangunan adalah suatu proses penyusunan tahapan-tahapan kegiatan guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya yang ada dalam jangka waktu tertentu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dari hasil Musrembangdes disepakati beberapa hal sebagai berikut diantaranya Daftar Usulan prioritas kegiatan yang akan dibiayai oleh APBD dan Non-APBD (APBDes,CSR,APBD Propinsi,APBN dan sumber dana lainnya).

Berdasarkan hasil kesepakatan tersebut melalui SK Kepala Desa yang kemudian dilanjutkan ke Musrembang kecamatan. Dengan menetapkan delegasi 3 orang yang komposisinya ada keterwakilan perempuan. 

Didalam  kegiatan e-Musrembangdes tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnnya. Pelaksanaan Musdes 2016 yang nantinya akan direalisasikan tahun 2017 dengan menggunakan elektronik sehingga langsung dapat diakses melalui website atau internet. Hasil musrembang ini nantinya dapat di akses secara langsung oleh Propinsi berdasarkan data peserta ,foto kegiatan, dokumen kegiatan serta berita acara pelaksanaan kegiatan.

Kegiatan e-Musrenbangdes ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena pada Musrenbangdes tahun 2016 untuk anggaran tahun 2017 menggunakan elektronik sehingga dapat diakses langsung melalui media website atau internet, hasil musrenbang ini nantinya dapat diketahui secara langsung oleh Provinsi karena daftar hadir, foto kegiatan, dokumen kegiatan dan berita acara diunggah langsung pada saat pelaksanaan e-musrenbangdes melalui website yang telah di sediakan provinsi dengan penunjukan operator web atau admin langsung dari desa tersebut.(H01/Yusfi).