iklan banner

Bukan Hanya Sekedar Pembangunan Secara Fisik


Suasana Musrembang Desa
HARIANBUMIAYU.COM, Banyumas–Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Desa  merupakan suatu agenda tahunan yang dilaksanakan setiap bulan Januari. Pelaksanaan Musrembang di Desa Cibangkong, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas digelar di gedung pertemuan desa. Acara tersebut guna menjaring aspirasi masyarakat dalam pelaksanaan perencanaan pembangunan yang kemudian ditetapkan di dalam Rencana Jangka Menengah Desa (RPJMDES). Senin,25/01/16.

Dalam Sambutannya Lembaga Pemberdaya Masyarakat Desa (LPMD) Mengatakan bahwa Dalam pelaksanaan pembangunan melalui agenda tahunan musrembang dengan segala perencanaan dengan mengedepankan usulan usulan masyarakat. Saya sangat berharap agar komunikasi antara pemerintah desa dengan masyarakat agar lebih ditingkatkan sehingga didalam penyerapan aspirasi dapat dilaksanakan secara maksimal.

 “Sarwoto Amnor yang merupakan Kepala Desa Cibangkong dalam sambutannya  mengaharapkan agar masyarakat memberikan usulan-usulan atau ide  dan gagasan-gagasannya didalam Perencanaan Pembangunan”Ungkapnya. Partisipatif masyarakat itu yang sangat kami butuhkan “Tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga Agung Sulistiawan yang merupakan Kasi Pembangunan Kecamatan Pekuncen selaku Narasumber didalam pelaksanaan Musrembang Desayang dilaksanakan didesa Cibangkong mengatakan bahwa di dalam perencanaan pembangunan jangan hanya ditekankan pada infrastruktur saja namun juga dibarengi dengan pembangunan secara mental yaitu melalui pemberdayaan masyarakat.

Bahwa pembangunan untuk sekarang ini lebih ditekankan pada Bottom-Up, dimana Pembangunan itu bersumber atas dasar partisipasi masyarakat, lain dengan sitem pembangunan diera yang kemarin. 

Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Hendratmoko, Imam Heriyadi, dan Juga Yusfi Wawan Sepriyadi selaku pendamping desa. (H01/Sri).